Follow Us @sangmaya

Monday, February 4, 2019

Menulis Sebagai Bentuk Terapi

Menulis Sebagai Bentuk Terapi - Menulis merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun dari berbagai profesi. Termasuk saya Ibu rumah tangga yang waktunya lebih banyak di rumah. 

Menulis setiap hari itu sebenarnya gampang banget, asal menulis dengan hati dan menghargai apa yang sudah kita tulis. Apalagi tulisan tersebut adalah untaian doa dan harapan kita untuk kedepannya. Jadi jangan meremehkan apa yang sudah kita tulis. Bisa jadi tulisan kita tidak hanya bermanfaat untuk ddiri kita sendiri, tetapi bisa juga menjadi inspirasi untuk orang lain agar lebih baik.

Saya sangat suka menulis sejak kecil. Alhamdulillah juga sudah mempunyai satu buah buku novel cipta karya sendiri dan satu buku antologi cerpen bersama teman-teman menulis.
Saya sangat suka menulis blog. Tapi sampai lupa menulis blog itu untuk apa? Gaya-gayaan? Jualan? Atau apa? Dahulu kala menulis blog saya niatkan untuk menulis catatan harian  saya saja. Makanya nama blog ini adalah catatanmaya karena konsepnya seperti buku harian. Hanya blog catatanmaya kok seperti di anak tirikan. Saya lebih banyak menulis di blog utama yakni sangmaya. Untungnya segera tersadarkan akan fungsi blog catatan maya ini. Untuk menulis segala bentuk celotehan saya, catatan harian dan beberapa perencanaan.
Tulisan adalah teman yang selalu menerima kita apa adanya tanpa menghakimi.

Sayangnya niatan awal menulis blog suka-suka bergeser jadi menulis blog untuk jualan dan dapetin uang. Akhirnya setelah tersadarkan, saya menulis kembali dengan hati. Menulis demi mengabadikan kegiatan keseharian saya.



Menulis Sebagai Bentuk Terapi

Menulis merupakan kegiatan yang positif, produktif, dan ekspresif. Menulis juga suatu cara kita untuk berkomunikasi seperti kala kita tidak bisa mengutarakan isi hati lewat ucapan. Hanya bisa menyampaikan lewat tulisan. Hal ini sangatlah diperlukan daripada apa yang ingin kita sampaikan hanya dipendam lama di hati atau pikiran kita sehingga lama kelamaan menjadi beban pikiran.

Menulis sebagai bentuk terapi berarti mengklarifikasi apa yang kita rasakan, dan kita pikirkan. Atau hanya sekedar menulis apa saja sehingga diri kita merasa lebih tenang dan bahagia. Tidak perlu mengklarifikasi apa yang kita rasakan.

Menulis saya lakukan sebenarnya hampir setiap hari. Dari menulis produk jualan di sosial media, menulis buku, dan menulis blog. Saya merasakan bahagia apabila sudah berhasil menulis sesuatu. 

Menulislah sebebas bebasnya tanpa mempedulikan SEO, optimasi blog, keyword, research, struktur kalimat, tata bahasa, alur cerita, dan sebagainya yang membelenggu dan memberatkan otak. Hal ini sangat membebaskan hatimu untuk lebih mencintai dirimu sendiri, dan menyehatkan mental. 

Menuliskan sebanyak-banyaknya
Menulis itu membahagiakan.
Menulis itu menyehatkan.
Menulislah sampai kamu lelah.


Selamat menulis bagi kamu yang mencintai kebaikan hidup

No comments:

Post a Comment